MENGHAFAL UNSUR KIMIA PADA SISTEM PERIODIK UNSUR DENGAN OTAK KANAN (Bag-1)

Unsur Kimia
Mendellev menemukan jika unsur menurut massa atom yang meningkat, maka unsur tersebut dengan sifat-sifat yang sama akan tersusun secara periodik. Lothar Meyer menyusun tabel periodik yang hampir mirip dengan tabel periodik yang disusun Mendellev. Meyer menempatkan unsur-unsur dengan valensi yang sama dalam satu kolom. Rutherford berhasil menemukan salah satu partikel dasar penyusun atom yaitu proton dan inti atom.

Unsur kimia merupakan zat tunggal yang tidak bisa diurai atau dibagi kembali menjadi zat lebih kecil. Sebuah unsur kimia juga tidak bisa diubah lagi menjadi zat kimia yang lain dengan metode kimia biasa. Sampai saat ini, para ilmuwan telah menemukan sekitar 118 jenis unsur kimia.Wah banyak sekali, gimana menghafalnya?






Bagaimana dengan otak kita?
Otak merupakan bagian tubuh yang paling penting dan memegang peranan vital bagi kelangsungan hidup kita. Otak berperan sebagai pusat komando semua aktifitas yang dilakukan oleh tubuh. Otak terbagi atas dua bagian yang mendasar yaitu otak kanan dan otak kiri.

Otak kiri berhubungan dengan sesuatu yang namanya realistis, akademis, hitung-hitungan, dan sesuatu yang bersifat real atau bisa dicerna akal sehat kita. Seorang juara Olimpiade Matematika dan Fisika, akan  lebih mengandalkan otak kirinya. Sementara itu, otak kanan fungsinya lain, ia bertugas mengendalikan alam bawah sadar kita. Salah satu kelebihan otak kanan ini adalah ia bisa menyimpan memori dengan cepat dan tersimpan selamanya tanpa lupa karena kapasitas otak kanan sendiri 90% lebih besar dari otak kiri.

Misalnya saja saat menghafal menggunakan otak kiri dibanding otak kanan, tentunya hasilnya akan berbeda. Menghafal pelajaran menggunakan otak kiri, lebih lama dan cepat hilang dalam ingatan, sedangkan jika mau menggunakan otak kanan hafalan pelajaran tersebut akan lebih cepat 'lengket' dan bakalan bertahan lama bahkan tidak akan hilang dari ingatan. Akan lebih mudah hafal dan melekat dalam ingatan ketika selesai membaca novel atau komik daripada membaca pelajaran sekolah, padahal waktu yang digunakan untuk membacanya sama, akan lebih lama hafal wajah teman lama daripada namanya, seseorang akan mudah menghafal warna dan bentuk pakaian yang pernah dikenakan dalam suatu peristiwa tertentu, misal pada acara pernikahan, sekalipun sudah berlalu puluhan tahun.

Bagaimana menghafal unsur kimia dengan otak kanan?
Jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu yang digunakan dalam bidang pendidikan. Jembatan keledai sering berupa kata atau suku kata yang ditambahkan pada susunan kata yang ingin dihafal agar terbentuk kalimat dengan arti yang menarik atau masuk akal.

Istilah jembatan keledai kemungkinan besar merupakan terjemahan dari Bahasa Belanda Ezelsbruggetje (titian keledai) atau Bahasa Latin Pons Asinorum (jembatan keledai)

Penggunaan jembatan keledai berdasarkan asumsi bahwa otak manusia terdiri dari dua jenis, ingatan "alami" dan ingatan "buatan". Ingatan alami merupakan bakat sejak lahir dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan ingatan buatan yang bekerja dibangun dengan cara belajar dan bisa dilatih dengan menggunakan teknik jembatan keledai. Maka dengan jembatan keledai tersebut otak kanan akan bekerja.

oleh: ariescyber